Siswa Wajib Menghapal Satu Hadis Satu Hari

  • Whatsapp

>> Guru ‘Aisyiyah Diberikan Pelatihan

Bacaan Lainnya

TANGERANG, (dicanangkan.com) – Puluhan guru pendidikan anak usia dini dan Taman Kanak-kanak (PAUD/TK) yang tergabung dalam Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen)’Aisyiyah Kota Tangerang mengikuti loka karya, pendidikan karakter Islam. Pelatihan tersebut digelar di Uviversitas Muhammadiyah Tangerang, Sabtu (10/3/2018).

Ketua Majelis Dikdasmen ‘Aisyiyah Kota Tangerang, Siti Nuraeni mengatakan, pendidikan Paud/Tk sudah tidak asing lagi untuk kebanyakan masyarakat, hal tersebut memberi pertanda bahwa masyarakat sudah mulai sadar pentingnya pendidikan sejak dini pada anak-anak mereka.

“Sejak berdirinya ‘Aisyiyah Kota Tangerang, saat ini baru ada enam Paud/TK se Kota Tangerang yang terdapat di lima kecamatan. Sementara kepengurusan ‘Aisyiyah baru ada di tujuh kecamatan,” ujar Siti Nuraeni.

Menurut Nuraeni, sebagai organisasi perempuan muslim Muhammadiyah dirinya memiliki tanggung jawab untuk terus memberikan semangat kepada para guru-guru ‘Aisyiyah dalam mendidikan putra-putrinya melalui pendidikan Paud/TK.

“Banyak guru Paud/TK yang masih lulusan SMA, padahal sangat diperlukan untuk memiliki kompetensi tersendiri untuk mengajar siswa agar dapat membentuk anak yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai tingkat perkembangannya,” ucapnya.

Menurut Nuraeni, pihaknya akan menggandeng masyarakat di Kota Tangerang untuk mambangun pendidikan Paud/TK di tiap-tiap kecamatan. Dan untuk tenaga pengajar akan kirim langsung dari anggota ‘Aisyiyah, sebab pendidikan ‘Aisyiyah memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan Pad/TK pada umumnya.

“‘Aisyiyah sudah menerapkan kurikulum 13, namun demikian pendidikan agama lebih banyak ketimbang pendidikan umum. Masyarakat bisa mendirikan Paud/TK ‘Aisyiyah, tapi untuk guru pengajar langsung dari anggota ‘Aisyiyah,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan ‘Aisyiyah Kota Tangerang, Nimi Fujianti menambahkan, pihaknya terus melakukan peningkatan kompetensi para guru Paud/TK yang mengikuti model-model pembelajaran yang sudah berkembang cukup pesat.

“Peningkatan pembelajaran guru-guru ‘Aisyiyah ini agar dalam proses belajar mengajar di PAUD/TK lebih mudah dipahami oleh anak-anak. Pemberian materi-materi seputar pendidikan karakter yang berlandaskan nilai-nilai Islam terus kami lakukan,” jelasnya.

Lebih lanjut Nimi mengungkapkan, pendidikan ‘Aisyiyah se Provinsi Banten sudah memiliki Paud sampai perguruan tinggi, namun dirinya mengaku untuk di wilayah Kota Tangerang baru berdiri tingkat Paud.

“Di dalam kurikulum ‘Aisyiyah dan sudah menjadi ciri khas kami yakni Satu Hari Satu Hadis untuk anak-anak untuk bisa menghapal,” tukas Nimi seraya menambahkan bahwa di ‘Aisyiyah di Kota Tangerang tersebar di Kecamatan Cipondoh, Ciledug, Karawaci, Tangerang dan Cibodas.(jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.