Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Sasar Pemilih Pemula

  • Whatsapp
Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Suja’I
Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Suja’I

Pandeglang (VB),- Tingkatkan partisipasi pemilih untuk kalangan pemula pada Pilkada Kabupaten Pandeglang. Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), gelar sosialisasi kepada para siswa di SMK Negeri 2 Pandeglang, Senin (27/1).

Para siswa tersebut, diberikan pengetahuan tentang tatacara bagaimana menggunakan hak pilihnya pada Pilkada yang akan digelar pada September 2020 mendatang.

Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Suja’i mengatakan, potensi pemilih pemula di Kabupaten Pandeglang sangat tinggi dalam upaya meningkatakan partisipasi pemilih pada Pilkada. Dari catatan Pilkada lalu, jumlah pemilih pemula di Pandeglang mencapai 40.000 pemilih.

”Pilkada tahun 2020 ini, KPU Pandeglang menargetkan 75 persen untuk pendaftar pemilih pemula untuk berpartisipasi. Adapun jumlah pemilih pemula sebelumnya, sebanyak 40 ribu orang dan yang menggunakan hak pilihnya hanya 10 persen saja,” ujar Ahmad Suja’i kepada wartawan.

Menurut Ahmad selain menyasar kalangan siswa, sosialisasi juga dilakukan dengan cara menggandeng sejumlah organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Pandeglang.

“Cara yang kami lakukan dengan menggandeng Organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan dan juga Sekolah Menengah Sederajat,” ucapnya.

Sementara itu, Sub Bidang Wawawsan Kebangsaan dan Penanganan Konflik Pada Kesbangpol Pandeglang, Dede Mulyadi menungkapkan, tingkat pemilih pemula sangat rendah terutama di Pilkada 2015 yang lalu.

“Pemilih pemula itu hanya sekitar 15 persen, dan totalitas partisifasi masyrakat di Pilkada 2015 lalu itu jug masih rendah yaitu 56,72 persen,” kata Dede.

Dede menjelaskan, setelah menyasar kepada pemilih pemula pihaknya akan melakukan kembali sosialisai kepada masyrakat yang akan dilakukan pada Febuari hingga Mei mendatang di 35 Kecamatan se-Kabupaten Pandeglang. Pihaknya juga menghimbau kepada pemilih pemula untuk memberikan informasi dan rekam jejak, untuk mengajak rekan-rekannya berpartisipasi di pemilu mendatang.

“Di harapkan di tahun 2020 daftar pemilih bertambah menjadi 80 persen,” pungkasnya. (gatot/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.