TPS Bina Mandiri Jadi Kebanggan Warga

  • Whatsapp
Seorang wanita yang mencoba untuk bunuh diri di JPO Jalan By Sudirman.

TANGERANG, (vivabanten.com)- Tempat Pembuangan Sementara (TPS) 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) Bina Mandiri yang ada  di Jalan Gang Papandayan IV, Gebang Raya, Periuk, Kota Tangerang, kini dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar.

Awalnya sempat dipandang pesimis karena akan menimbulkan bau tak sedap, namun kini justru menjadi kebanggan warga setempat.

Berdiri sejak tahun 2016 silam, TPS3R VTI kini sudah memiliki 5 orang pekerja dan 3 orang pengurus yang melakukan manajemen dan pengolahan sampah warga lingkungan sekitar.

“Awalnya saya saat membangun ini dipandang pesimis oleh warga, namun saya terus berusaha meyakinkan dan terus belajar serta memberikan pemahaman kepada masyarakat sekitar, dan alhamdulilah hasilnya sekarang juga justru dapat dinikmati bersama,” terang Yadi Wijaya selaku Ketua TPS3R Bina Mandiri VTI.

Ia melanjutkan, sampah yang didaur ulang baik organic maupun non organic dalam sehari bisa sejumlah 9 kwintal hingga 1 ton dalam seharinya. Sampah tersebut didapat dari warga sekitar yang terdiri dari 650 KK di 1 RW dan dari pasar Regensi.

“Dalam pengeolahan sampah ini, kami bisa menghasilkan uang dari penjualan pengolahan sampah non organic sekitar 3-4 juta yang dijual ke pengepul,” imbuhnya kepada penulis.

Hasil pengolahan sampah ini juga menjadi pupuk Kompos. Yadi melanjutkan, pupuk kompos tersebut kemudian disalurkan ke sejumlah kampung PHBS yang ada di wilayah Jatiuwung.

“Pupuk ini kami distribusikan, dan kami berikan secara gratis kepada kampung PHBS yang ada di wilayah Jatiuwung.  Jadi hasilnya ini oleh kita dan untuk kita,” ucapnya bangga.

Lebih jauh Yadi berharap ada pembaharuan mesin di TPS3R yang ia kelola, sehingga selain menghasilkan sampah yang maksimal juga memiliki kwalitas yang baik. (jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.