Wakil Rektor 1 UMT Raih Gelar Doktor di UNJ

  • Whatsapp
Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Muhammadiyah Tangerang, Ahmad Amarullah berfose usai siding terbuka.
Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Muhammadiyah Tangerang, Ahmad Amarullah berfose usai siding terbuka.

JAKARTA, (Vivbanten.com) – Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Muhammadiyah Tangerang Ahmad Amarullah berhasil mendapatkan gelar doktor di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada program Studi Manajemen Pendidikan. Gelar tersebut diraih setelah Amarullah berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan dewan penguji dalam sidang terbuka di Aula Maftuha Yusuf Lantai 2 Gedung Dewi Sartika, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (7/3/2018).

Amarullah mengatakan dalam disertasi kali ini dirinya mengambil judul Pengaruh Otonomi, Supervisi, Partisipasi Masyarakat dan Kepemimpinan Mutu Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Provinsi Banten. Hal tersebut lanjut Amarullah didorong keprihatinanya akan perkembangan PKBM khususnya lulusannya di Provinsi Banten.

Bacaan Lainnya

“Sesuai peraturan seharusnya lulusan PKBM sejajar dengan lulusan sekolah formal lainnya, hanya saja saat ini banyak pihak yang meragukan kualitas lulusan PKBM, sehingga banyak yang ditolah diberbagai sekolah formal lainnya termasuk di universitas,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan & Pemanfaatan Data (PIAK-PD) pada Disdukcapil Kota Tangerang ini.

Menurut Amarrulah, melalui penelitian dalam disertasinya tersebut, dirinya berharap terjadi peningkatan mutu terhadap perkembangan PKBM di Provinsi Banten ini, sehingga tujuan awal terbentuknya PKBM untuk mensejahterakan masyarakat ini bisa tercapai.

“Jika bisa dijalankan dengan baik, maka adanya otonomi, supervisi, partisipasi masyarakat dan kepemimpinan mutu pengelolaan PKBM akan sangat berpengaruh pada mutu lulusan PKBM sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap PKBM akan meningkat,” jelas bapak 3 orang putri ini.

Sementara itu Rektor UMT Ahmad Badawi, menjelaskan otonomi, supervisi, partisipasi masyarakat dan kepemimpinan mutu pengelolaan tidak hanya harus diterapkan di PKBM saja tetapi perlu juga diterapkan di sekolah formal lainnya. Pasalnya menurut Badawi di Banten saat ini masih banyak kualitas sekolah formal yang masih di bawah standar mutu yang diharapkan.

“Saya piker hasil disertasi yang dibuat Pak Amarullah tentunya akan sangat bermanfaat tidak hanya untuk diterapkan di PKBM tetapi juga pada pendidikan formal,” ujar Badawi.

Sedangkan terkait gelar doktor yang diterima Ahmad Amarullah, Badawi mengaku sangat bangga dan berharap hal ini juga mendorong dosen lainnya di UMT untuk terus meningkatkan keilmuannya hingga bisa mencapai gelar doktor.

“Dengan diraihnya gelar doktor oleh Pak Amarullah, maka saat ini seluruh jajaran pengurus tingkat atas di UMT telah meraih gelar doktor. Diharapkan dengan hal ini mendorong jajaran akademi UMT mulai tinggat menegah dan bawah untuk mengikutinya dengan terus meningkatkan keilmuannya,” harap Badawi.

Untuk itu lanjut Badawi, sebagai institusi pendidikan, UMT siap mefasilitasi seluruh dosen yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dengan memberikan stimulus.

“Stimulus yang kami berikan tentunya akan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada,” pungkas Badawi. (jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.