Walikota Tangerang Pimpin Simulasi Penanganan Demo

  • Whatsapp
Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah saat memimpin apel HUT Satpol PP dan Linmas.

KOTA TANGERANG, (vivabanten.com) – Sejumlah pendemo di Kota Tangerang melakukan aksi demonstrasi yang disertai pembakaran. Bukan itu saja, sejumlah peserta aksi melakukan pelemparan dan pemukulan terhadap aparat Polisi Pamong Praja setempat yang bertugas mengantisipasi aksi.
Melihat kondisi masa yang semakin beringas kemudian Satpol PP Tangerang menurunkan satuan Dalmas, menyusul Sat Linmas yang sudah terlebih dulu menenangkan massa. Aksi saling dorong dan pembakaran ban-pun terjadi, yang memaksa petugas untuk menembakkan gas air mata.
Dalam aksi yang berlangsung Kamis (13/04/2021), sebanyak dua orang demonstran berhasil diamankan pihak aparat Kepolisian yang juga turut serta mengamankan aksi unjuk rasa tersebut.
Keduanya diduga sebagai provokator aksi pelemparan dan pengrusakan fasilitas publik. Sedangkan dari pihak Polres PP, satu orang anggota terluka akibat menahan serangan pendemo, namun kondisinya sudah membaik berkat penanganan cepat dari tim kesehatan yang berasal dari PMI Kota Tangerang.
Dan berkat sinergitas antara Pol PP Kota Tangerang, Polres Metro Tangerang, dan TNI akhirnya masa pendemo yang sempat anarkis bisa dibubarkan dengan tertib.
Hal itu merupakan gambaran dari simulasi penanganan aksi demonstrasi yang anarkis yang digelar Satpol PP Kota Tangerang dalam rangka peringatan HUT Satpol PP ke 67 dan Satlinmas ke 55 yang dilaksanakan di Lapangan Ahmad Yani Kota Tangerang. Simulasi tersebut melibatkan tiga unsur aparat yakni Pol PP Kota Tangerang, Kepolisian Metro Tangerang dan juga TNI.
Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah  dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada seluruh anggota Satpol PP, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang telah menunjukkan semangat sebagai garda terdepan dalam penegakkan peraturan daerah dan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman serta perlindungan masyarakat.
Peringatan HUT Satpol PP dan Linmas Kota Tangerang tahun 2017 ┬ámengambil tema “Bersama Wujudkan Ketenteraman dan Ketertiban Umum yang berkeadilan dan Manusiawi yang Berlandaskan Masyarakat yang Berakhlakul Karimah”.
Untuk itu Walikota juga meminta agar Satpol PP dan Linmas Kota Tangerang bisa bekerja secara profesional dan handal.
“Saya haturkan rasa bangga dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada anggota Satpol PP dan Satlinmas atas pengabdiannya dalam mengemban tugas dan memberikan perlindungan serta pelayanan yang tulus demi mewujudkan rasa tertib, tenteram dan aman kepada masyarakat,” terangnya.
Walikota juga menyampaikan terima kasihnya kepada para jajaran TNI dan Polri yang telah membantu mewujudkan kondusifitas keamanan di Kota Tangerang.
“Pola koordinasi dan kerjasama yang telah dilakukan akan terus dilaksanakan, seperti simulasi penanganan huru hara tadi yang melibatkan unsur TNI dan Polri,” jelasnya. (*/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.