Warga Ciganjur Minta PLN Ganti Tiang Listrik

  • Whatsapp
Warga Kampung Ciganjur RW 05, Desa Curugbadak saat menunjukkan tiang listrik yang tidak layak.

LEBAK, (vivabanten.com) – Warga Kampung Ciganjur RW 05, Desa Curugbadak, Kecamatan Maja Kabupaten Lebak minta PLN Kabupaten maupun Provinsi untuk segera menganti tiang baru dan jaringan listrik di wilayah pemukiman warga untuk dilakukan renovasi.
Pasalnya, tiang dan kabel jaringan yang sudah ada saat ini sudah tidak layak, selain banyak kabel yang menjalar ke jalur jalan, juga tiang yang gunakan kondisinya sudah tidak layak untuk digunakan.
Ketua RT 01/05, Aleh mengatakan, semenjak adanya jaringan listrik ke wilayah kampung Ciganjur yang merupakan hasil swadaya masyarakat sekitar tahun 1998 lalu. Dan hingga saat ini baik tiang maupun jaringan kabel belum pernah diganti, masih menggunakan tiang yang ukuranya kecil dengan jarak per tiang mencapai 80 meter. Sementara untuk satu tiang digunakan lebih dari 10 rumah yang memasang jaringan.
“Kondisi ini mengakibatakan banyak kabel jaringan yang terpaksa harus dipapang dengan kayu dan batang bambu agar tidak terurai ke bahu jalan,” ujar Aleh ketua Rt Kampung Ciganjur, Sabtu (27/03/2021).
Aleh mengatakan, akibat jarak dari tiang ketiang yang sangat jauh dan tiang yang digunakan sudah tidak layak atau terlalu kecil, selain banyak kabel jaringan yang terurai ke bahu jalan, juga banyak kabel jaringan yang tersangkut ke pohon disekitar pemukiman warga. Sehingga hal ini sangat mengganggu terhadap kenyamanan warga masyarakat.
“Saya berharap agar pihak terkait baik itu pihak PLN Kabupaten Lebak maupun provinsi untuk segera melakukan renovasi tiang dan kabel jaringan listrik yang saat kondisinya sudah tidak memadai,” pintanya.
Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Curugbadak, Agus Supandi didampingi Sekertaris Desa, Asmadi membenarkan, saat ini tiang dan jaringan kabel listrik yang saat ini digunakan masyarakat kondisinya sangat memperihatinkan.
Karena sambung Agus, selain banyak kabel jaringan yang terurai ke pepohonan dan hanya di pampang dengan batang bambu ada juga kabel jaringan sudah jatuh menjalar kebahu jalan akibat antara jarak dari tiang – ketiang yang sangat jauh.
“Kami dari pihak pemerintah desa sudah beberapa kali mengajukan kepihak terkait baik itu ke Distamben Lebak maupun Provinsi juga ke kantor PLN untuk pengajuan renovasi baik tiang maupun kabel jaringan tersebut,” ucapnya.
“Kami berharap agar pihak terkait untuk segera melakukan perbaikan atau renovasi tiang maupun jaringan listrik yang saat kondisinya sudah sangat mengkhawtirkan,” tandasnya. (*/jojo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.