Wisata Kuliner Karawang yang Terkenal

  • Whatsapp
GABUS PUCUNG. (Foto: Istimewa)

vivabanten – KULINER – Jika mendengar kata Karawang, kita akan teringat lagu Iis Karlina, goyang Karawang. Tapi kali ini kita akan mengunjungi aneka kulinernya.

Kota Karawang terkenal karena lumbung padinya. Karawang penghasil padi yang menyumbang jumlah yang besar. Namun ternyata, di Karawang juga terdapat berbagai wisata kuliner yang enak dan pastinya akan memanjakan perut Anda. Apa saja sih wisata kuliner menarik yang ada di Karawang? yuk kita simak..

Bacaan Lainnya

1- Ikan Gabus Bumbu Pucung

GABUS PUCUNG. (Foto: Istimewa)

Kuliner khas Karawang yang pertama adalah ikan gabus bumbu pucung. Bagi Anda penggemar ikan, tentunya ini adalah makanan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Karawang. Anda dapat menemukan menu ikan gabus bumbu pucung ini di daerah Rawamerta, tepatnya di desa Panyingkiran. Ikan gabus dengan rasa dan bumbu yang sedap ini tepat untuk dijadikan santap siang Anda, apalagi kalau sedang lapar-laparnya dan disuguhi dengan nasi hangat. Mantaap!

2- Sorabi Kuntilanak

Sorabi Kuntilanak. (Foto: Istimewa)

Wah, dari namanya saja sudah unik dan bikin penasaran, bukan? Sorabi Kuntilanak atau dikenal juga dengan Sorabi Hijau Rengasdengklok ini memang salah satu makanan khas yang wajib dicicipi jika bertandang ke Karawang. Dinamakan sorabi kuntilanak karena awalnya pembuat sorabi yaitu M. Kasim menjual sorabi hijau ini di daerah depan pemakaman sebelum akhirnya pindah ke lahan pribadi miliknya. Supaya lebih terasa sedap, Anda dapat memakan sorabi ini dengan kuah atau gula yang memiliki dua rasa yaitu durian dan gula merah.

3- Kue gonjing

Kue Gonjing. (Foto: Istimewa)

Kue gonjing adalah kue tradisional yang sudah ada sejak jaman nenek moyang kita, yang terbuat dari bahan tepung beras dan kelapa. Anda mungkin tidak begitu asing dengan kue yang satu ini, karena di Jakarta juga terdapat kue yang serupa namun disebut dengan kue pancong. Untuk menemukan kue gonjing ini tidaklah sulit, karena banyak pedagang yang berkeliling menjajakan kue tersebut.

4- Opak Ketan Rawagede

Opak Ketan Rawagede. (Foto: Istimewa)

Makanan khas dari Karawang selanjutnya adalah Opak Ketan Rawagede, yang tentunya bisa didapatkan di daerah Rawagede. Berbeda dengan kebanyakan opak yang berukuran besar dan lebar, opak ketan ini cenderung berukuran lebih kecil. Harganya pun masih sangat murah, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 200,- untuk setiap opak ketan yang dimakan. Namun meski begitu, memakan opak ketan ini akan membuat ketagihan karena rasa lezat dan gurih khasnya.

5- Pepes Jambal Walahar

Pepes Jambal Walahar. (Foto: Istimewa)

Kuliner khas Karawang yang wajib dicoba selanjutnya adalah Pepes Jambal Walahar Haji Dirja, yang terletak dekat Bendungan Walahar. Rumah makan ini menyediakan beragam menu pepes, dan tentunya memiliki menu utama pepes jambal yang digemari banyak orang. Selain makanannya yang enak dan sedap, tempat ini juga memberikan nuansa nyaman dari desain alaminya sehingga akan membuat Anda betah berlama-lama disana.

Itulah 5 tempat wisata kuliner yang menyajikan berbagai makanan khas dari Karawang. Sangat menggiurkan dan membuat penasaran bukan, tempat-tempat tersebut? Jadi tidak ada salahnya jika liburan akhir pekan Anda kali ini diisi dengan berburu kuliner di Karawang yang unik dan enak tersebut. Selamat mencoba kuliner khas Karawang!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.