Kelompok Tani Dapat Bantuan Mesin Pompa Air dari Pemkab Tangerang

KAB. TANGERANG (VIVABANTEN.COM) – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang mendistribusikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa pompa air 3 inch kepada kelompok tani di UPTD Penyuluhan Pertanian, Kecamatan Curug, Rabu (22/05/2024).

Pemkab Tangerang sebelumnya mengajukan bantuan alat mesin pertanian berupa pompa air ke Kementerian Pertanian melalui Dinas Pertanian Provinsi Banten guna meningkatkan produktivitas pertanian khususnya padi. Dari pengajuan tersebut Pemkab Tangerang mendapatkan alokasi pompa air sebanyak 174 unit mesin pompa dengan ukuran 6 inch, 4 inch dan 3 inch.

DPKP Kabupaten Tangerang mendistribusikan sebanyak 103 unit sejak Mei 2024 sampai dengan akhir Agustus 2024 ke beberapa kecamatan di Kabupaten Tangerang. Di antaranya, Kecamatan Cikupa, Cisoka, Gunungkaler, Jayanti, Kronjo, Mauk, Mekar Baru, Pakuhaji, Rajeg, Sindangjaya, Solear, Sukadiri, dan Sukamulya.

Kepala DPKP Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika mengatakan, pihaknya akan mengontrol bantuan tersebut agar dimanfaatkan sebaik-baiknya dan bisa memberikan hasil maksimal terutama pada musim kekeringan.

“Tentunya ini adalah untuk menjawab keluhan para petani di tengah kekeringan yang akan melanda ke depannya. Kita gerakkan semua penyuluh untuk mengawal meningkatkan produksi panen,” tuturnya.

Dia menyampaikan, penyerahan bantuan pompa air ini untuk menopang pasokan air dilahan sawah milik para petani tanaman pangan khususnya padi.

“Dengan adanya bantuan pompa air ini bisa mempermudah petani untuk mengambil air dari sumber-sumber air untuk dialirkan ke sawah untuk mengantisipasi kesulitan air di musim kemarau,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan kepada para petani agar memelihara dan menjaga keamanan mesin dengan baik. Jangan sampai hanya digunakan tetapi tidak dijaga jika terjadi kerusakan.

“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan pompa air untuk pertanian ini bisa menjadi solusi jika ketika menghadapi cuaca kering dan bisa juga para petani mempertahankan produktivitas nya khususnya padi,” ucapnya.

Sementara itu, Kelompok Tani Tunas Karya Juhdi dari Kecamatan Mekar Baru mengucapkan, terimakasih kepada Kementrian Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi Banten dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang yang telah memberikan bantuan pompa air ini.

“Saya berharap, bantuan pompa air ini tidak hanya sekali saja, dikarenakan kami para pertani sangat membutuhkan pompa air ini untuk mengairi sawah, kemudian untuk mengantisipasi kemarau panjang,” ujarnya.

Sebagai informasi, selain mendistribusikan bantuan pompa air sebanyak 103 unit ke kelompok tani, Pemkab Tangerang juga memberikan bantuan berupa irigasi pemompaan sebanyak 28 unit kepada Poktan di 12 kecamatan dan stok gudang pompa air 3 inch saat ini sebanyak 71 unit.(man/joe)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *