Dinas IndagkopUKM Kota Tangerang Berikan Pelatihan Masyarakat Keterampilan Menjahit dan Memasak

Dinas IndagkopUKM Kota Tangerang Berikan Pelatihan Masyarakat Keterampilan Menjahit dan Memasak
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (IndagkopUKM) Kota Tangerang, Suli Rosadi saat membuka Bimtek. (ISTIMEWA)

KOTA TANGERANG (VIVABANTEN.COM) – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (IndagkopUKM) Kota Tangerang kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Produk Industri dan Pelatihan Peningkatan Mutu Produk yang berlangsung di SMK Negeri 3 Kota Tangerang pada tanggal 27-29 Agustus 2024.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (IndagkopUKM) Kota Tangerang, Suli Rosadi mengatakan, Bimtek dan Pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Dinas IndagkopUKM Kota Tangerang.

“Kegiatan Bimtek ini memiliki nilai strategis dalam rangka pemberdayaan masyarakat dengan tujuan untuk mewujudkan pengembangan kampung tematik di Kota Tangerang,” ujar Suli Rosadi kepada wartawan, Selasa (27/08/2024).

Suli menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh enam puluh peserta terdiri dari para pelaku industri rumah tangga serta masyarakat umum yang berada di Kampung Tematik Kota Tangerang.

“Setiap tahun pesertanya berasal dari wilayah yang berbeda. Untuk tahun ini peserta dari Kelurahan Sukajadi dan Kelurahan Karawaci yakni peserta yang mengikuti pelatihan menjahit sebanyak 30 orang dan yang mengikuti pelatihan memasak 30 orang,” kata Suli.

Dinas IndagkopUKM Kota Tangerang Berikan Pelatihan Masyarakat Keterampilan Menjahit dan Memasak
Para peserta saat mengikuti pelatihan menjahit dan memasak.

Suli menuturkan, kegiatan Bimtek tersebut berlangsung selama tiga hari dengan fokus pada dua sektor utama yaitu menjahit dan memasak. Sebab, kedua sektor ini dipilih karena memiliki potensi besar dalam menciptakan produk-produk lokal yang bernilai jual tinggi.

“Kami dalam kegiatan ini menggandeng tenaga ahli dari SMK Negeri 3 Kota Tangerang sebagai narasumber yang memberikan materi serta bimbingan langsung kepada peserta,” ucap Suli.

Suli menambahkan, para peserta ini dibekali dengan berbagai pengetahuan seperti tren pasar terkini, teknik menjahit dan memasak, desain dan pengemasan produk yang menarik, standar kualitas mutu produk, serta pemahaman tentang pentingnya pemanfaatan teknologi dalam proses produksi untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas.

Masih menurut Suli, kegiatan Ini merupakan salah satu upaya Pemkot Tangerang dalam mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat di tengah tantangan era globalisasi.

“Kami berharap melalui Bimtek dan pelatihan ini para peserta dapat memiliki keterampilan baru yang bisa diaplikasikan dalam mengembangkan usahanya, menghasilkan produk-produk industri yang inovatif, kreatif, berkualitas dan bermutu sehingga mampu berdaya saing di pasaran,” tandasnya.

“Kami juga berharap, ilmu yang diperoleh para peserta dapat dimanfaatkan sebagai bekal memulai usaha atau membuka peluang usaha baru yang mandiri dan berkelanjutan serta dapat mendorong terciptanya wirausaha baru sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan berkontribusi pada pengembangan ekonomi lokal,” imbuhnya.(ADV)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *