Pj Bupati Tangerang Minta Topi Bambu Bisa Mendunia

Pj Bupati Tangerang Minta Topi Bambu Bisa Mendunia

KAB. TANGERANG (VIVABANTEN.COM) – Pj Bupati Tangerang Andi Ony berharap agar topi bambu yang merupakan prodak unggulan UMKM di Kabupaten Tangerang bisa mendunia. Harapan itu disampaikan saat mendampingi Menparekraf RI Sandiaga Salahudin Uno pada acara Workshop Kata Kreatif di Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Sabtu (14/9/2024).

Andi Ony mengatakan, Pemkab Tangerang terus berupaya menjadikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Tangerang bisa mendunia, khususnya topi bambu.

“Pemerintah Kabupaten Tangerang sudah dan terus berusaha mengajukan topi bambu yang merupakan prodak unggulan UMKM di Kabupaten Tangerang masuk dalam produk kota kreatif dunia. Saat ini kita sudah masuk 12 besar, mudah-mudahan nanti diambil 2 dari Indonesia, salah satunya adalah Kabupaten Tangerang,” ujar Andi Ony.

Menurut Andi dengan diajukannya kriya topi bambu tersebut bisa menjadi salah satu bentuk stimulus untuk mendukung produk lokal berkualitas Kabupaten Tangerang lainnya.

“Kita terus berkolaborasi lintas sektor untuk terus mengembangkan dan memajukan UMKM di Kabupaten Tangerang agar UMKM tersebut bisa bersaing bahkan di pasar dunia,” katanya.

Andi bersyukur dan mengapresiasi dukungan serta peran aktif Menparekraf Sandiaga Uno. Dia juga meminta Sandi untuk terus mendukung dan memfasilitasi UMKM di Kabupaten Tangerang.

“Kami sangat mengapresiasi kolaborasi dan dukungan dari Pak Menteri terhadap kemajuan UMKM di Indonesia, khususnya di Kabupaten Tangerang bahkan mensupport dari kriya bambu asal kabupaten Tangerang untuk menuju pasar global,” ucapnya.

Andi menuturkan saat ini Pemkab Tangerang sedang mempersiapkan 10 destinasi wisata seperti Ketapang Aquaculture, danau, serta situs-situs bersejarah di Kabupaten Tangerang yang akan dibuat dalam satu film dan akan ditautkan ke seluruh dunia.

“Upaya ini kita lakukan supaya bisa melihat bahwa Kabupaten Tangerang memang masih ada 10 destinasi yang bisa kita kembangkan dan supaya masyarakat juga sudah tahu juga nanti dalam bentuk digital,” tuturnya.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan kebanggaannya terhadap Pemkab Tangerang yang terus membina dan mensupport para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Tangerang tanpa kenal lelah.

“Hari ini kita melihat antusiasme dari para pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Tanggerang yang sekarang sedang berjuang untuk masuk menjadi Kabupaten Kreatif Dunia melalui proses yang disiapkan bersama,” kata Sandiaga Uno.

Dia menyebutkan seperti Kota Solo yang sudah lolos sebagai kota kreatif dunia. Kabupaten Tanggerang juga sedang berusaha untuk tampil di level dunia, dengan industri kriya bambunya. Untuk itu, pihaknya siap berkolaborasi dan bersinergi mempersiapkan para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Tangerang agar mampu bersaing lebih luas lagi.

“Jadi para pelaku ekonomi kreatifnya ini harus dipersiapkan. Ada mangrove, ada bambu, ada kuliner, fashion dan sepatu. Produk ekonomi kreatif ini, mudah-mudahan ini akan membuka peluang usaha dan lapangan kerja dan membawa Kabupaten Tangerang ke level dunia,” tukasnya.(man/joe)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *