BJB Kolaborasi dengan BPR Irian Sentosa, Akselerasi Kredit di Wilayah Timur Indonesia

  • Whatsapp

VIVABANTEN.COM, (JAKARTA) – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) terus memperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak, untuk semakin meningkatkan kinerja bisnis. Paling anyar, bank bjb menandatanganni perjanjian kerja sama Penyaluran Kredit UMKM Channeling dengan PT BPR Irian Sentosa dan PT Modern Multri Artha.

Penandatanganan kerjasama dilakukan Pemimpin Divisi Kredit Ritel bank bjb Rudy Purwadhi dengan Direktur Utama BPR Irian Sentosa Verasicca Nainggolan dan Direktur Strategis PT Modern Multi Artha Freddijoe Wunas, di Jakarta, Senin (13/6/2022).

Bacaan Lainnya

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto mengatakan bank bjb terus melakukan inovasi, memperkuat sinergi, untuk mengakselerasi penyaluran kredit, termasuk di sektor ritel, seiring dengan tren pemulihan ekonomi dan semakin membaiknya konsumsi dan daya beli masyarakat.

Menurut Widi, kerjasama penyaluran kredit melalui skema channneling sebagai bentuk kontribusi bank bjb dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, termasuk kawasan timur Indonesia.

“Bagi bank bjb, sektor ritel memiliki peran signifikan dalam mendorong pertumbuhan bisnis,” ujar Widi.

Widi menjelaskan, kerjasama antara bank bjb dengan BPR Irian Sentosa, diharapkan akan memberikan percepatan pertumbuhan portofolio kredit di sektor ritel sekaligus memberikan berbagai kemudahan kepada masyarakat alam mengakses pembiayaan untuk berbagai kebutuhan. Kolaborasi bank bjb dengan BPR Irian Sentosa ini diharapkan dapat mendorong kinerja kredit perseroan.

“bank bjb senantiasa menyelaraskan kepentingan bisnis agar bergerak dalam koridor pemulihan ekonomi. Bank bjb fokus dalam penyaluran pembiayaan pada segmen korporasi dan komersial, juga sektor ritel, karena memiliki prospek positif untuk terus tumbuh,” kata Widi.

Kolaborasi ini juga diharapkan akan mendorong penyaluran kredit bank bjb di kawasan timur Indonesia mengingat BPR Irian Sentosa memiliki jaringan kantor cabang luas dengan ribuan nasabah yang tersebar di berbagai kota Kabupaten Provinsi Papua. Bank bjb optimis, kolaborasi ini memiliki dampak positif mengingat BPR Irian Sentosa juga masuk kategori 250 BPR terbaik dengan aset di atas Rp1 triliun.

“Menjadi salah satu komitmen bank bjb dalam berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” ucap Widi.

Sebagai catatan, hingga Maret 2022, penyaluran kredit bank bjb mencapai Rp 105,1 triliun. Realisasi kredit tersebut meningkat 8,3% year on year (yoy), atau tumbuh di atas rata – rata industri perbankan yang berada di level 5,8% pada Januari 2022.
Dengan kualitas kredit terjaga dengan baik dimana, Bank Bjb mencatatkan rasio kredit bermasalah (NPL) turun dari 1,4% menjadi 1,2%.

Tak hanya itu, perusahaan juga meraup laba sebesar Rp 738 miliar atau tumbuh 28,6% yoy pada kuartal I 2022. salah satunya berkat kenaikan fee based income yang juga tumbuh 43,7% yoy menjadi Rp 372 miliar. Bahkan aset bank bjb juga tumbuh 16,6% menjadi Rp 167,4 triliun pada triwulan I 2022. Diikuti peningkatan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 15,9% menjadi Rp 128,3 triliun.

bank bjb akan memanfaatkan momentum untuk terus meningkatkan kinerja positif pada triwulan selanjutnya selama tahun 2022. Hal ini dibarengi dengan kolaborasi serta inovasi digital yang dikembangkan perusahaan.

Bank Bjb berhasil mencatatkan pertumbuhan kinerja positif di atas pertumbuhan rata-rata industri perbankan secara nasional pada triwulan pertama 2022.(*/joe)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.