BKPSDM Gelar Pelatihan Pembuatan Kuis Interaktif Bagi Guru Sekolah Dasar

  • Whatsapp
Walikota Tangerang Arief R Wismansyah saat membuka pelatihan pembuatan kuis interaktif bagi guru sekolah dasar melalui zoom meeting.

VIVABANTEN.COM, (KOTA TANGERANG) – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang menggelar kegiatan pelatihan pembuatan kuis interaktif bagi guru sekolah dasar di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang sebanyak 30 Orang.

Pelatihan yang digelar pada tanggal 20-24 Juni 2022 ini diselenggarakan dalam rangka pemanfaatan e-learning sebagai media alternatif pembelajaran menggunakan aplikasi LMS PRIMA yang dibuat oleh BKPSDM. Kegiatan tersebut, dibuka langsung oleh Walikota Tangerang Arief R Wismansyah secara daring melalui saluran zoom meeting.

Bacaan Lainnya

Kegiatan pelatihan ini mendatangkan narasumber dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang Provinsi Banten. Kemudian, dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, kegiatan pelatihan pembuatan kuis interaktif bagi guru SD di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang ini dipandang sangat penting. Pasalnya, kemajuan teknologi yang semakin canggih dituntut seorang guru memiliki ketrampilan yang lebih dalam mengelola kegiatan pembelajaran.

“Perkembangan teknologi dan informasi serta menciptakan inovasi dalam mendukung proses pembelajaran sangat dibutuhkan untuk membantu guru dalam menyampaikan sebuah materi pembelajaran,” ujar Walikota Arief melalui saluran zoom meeting, Selasa (21/06/2022).

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang saat memberikan laporan kegiatan.

Walikota Arief menjelaskan, salah satu ketrampilan yang harus dimiliki oleh guru saat yakni kemampuan dalam menggunakan berbagai aplikasi yang dapat mendukung proses pembelajaran seperti cara menggunakan aplikasi untuk membuat kuis yang menarik bagi para siswa.

“Dengan ketrampilan ini guru akan mampu membuat langkah-langkah inovatif yang disesuaikan dengan ketertarikan murid. Pembelajaran pada era digital sekarang ini perlu dilakukan penyesuaian, karena para murid sangat lekat dengan dunia gadget,” kata Arief.

Arief berharap, melalui kegiatan pelatihan pembuatan kuis interaktif tersebut dapat memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengembangan media pembelajaran yang interaktif, serta menumbuh kembang kreatif siswa.

“Saya berharap para peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan dapat memahami materi-materi yang diberikan para narasumber, serta dapat menerapkannya di lingkungan sekolah masing-masing,” tukasnya.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang, Muhdorun mengatakan, tujuan pelatihan ini adalah agar peserta dapat memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran mengajar di sekolah.

“Para peserta ini diharapkan dapat menggunakan cara aplikasi untuk membuat kuis yang menarik bagi para siswa. Dengan keterampilan tersebut guru akan mampu membuat langkah-langkah inovatif yang disesuaikan dengan ketertarikan murid,” kata Muhdorun.

Muhdorun menjelaskan, pihaknya menghadirkan narasumber Universitas Sultan Agung Tirtayasa Serang dan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi. Adapun materi yang disampaikan meliputi, test awal 1 JP, Orientasi Program Pelatihan Mode Daring 2 JP, Pengenalan LMS 3 JP, Konsep,Prinsip dan Prosedur Merdeka Belajar 3 JP, Konsep, Prinsip dan Prosedur Pengembangan Media Pembelajaran 15 JP, Pengembangan Media Pembelajaran Kuis Interaktif 25 JP dan test akhir 1 Jp.

“Ada 30 peserta yang mengikuti pelatihan ini yakni guru SD dari masing-masing UPT Sekolah Dasar di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang,” pungkasnya.(ADV)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.