Disnaker Kota Tangerang Apresiasi Perayaan May Day 2022 dengan Halalbihalal


Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/vivabant/public_html/wp-content/themes/bloggingpro/template-parts/content-single.php on line 81

VIVABANTEN.COM, (KOTA TANGERANG) – Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Ujang Hendra Gunawan mengapresiasi kepada keluarga besar Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kota Tangerang yang tidak ikut aksi ke Jakarta pada merayakan May Day 2022.

Justru perayaan May Day 2022 yang dilakukan oleh para kaum buruh tersebut dengan bersilaturahmi halalbihalal di Sekretariat DPD KSPSI Provinsi Banten di kawasan Cikokol, Sabtu (14/05/2022).

Bacaan Lainnya

Ujang Hendra mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada KSPSI Banten karena telah menyelenggarakan kegiatan peringatan May Day 2022 yang dikemas dengan acara silaturahmi halalbihalal.

“Karena dengan ini bisa meminimalisir berkerumunnya masyarakat, sehingga acara ini juga tidak mengurangi rasa hikmah,” ujar Ujang kepada wartawan.

Menanggapi tuntutan buruh terkait kenaikan upah, kata Ujang, memang laju pertumbuhan ekonomi saat ini sedang naik, tetapi masih di bawah standar jika dibandingkan dengan sebelum pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Ujang Hendra Gunawan.

“Tetapi dengan terus bergerak laju pertumbuhan ekonomi ini diharapkan dari formulasi yang ada dalam regulasi kita juga sebenarnya tetap memfasilitasi kenaikan upah buruh ini,” tutur Ujang.

Ujang menambahkan, dengan silaturahmi ini juga para buruh masih bisa menyalurkan aspirasi tanpa harus turun ke jalan melakukan aksi.

“Penyaluran aspirasi tidak harus turun ke jalan, dengan diskusi dan silaturahmi halalbihalal ini juga temen-temen buruh bisa mengeluarkan pendapat, dengan begitu tercipta suasana yang kondusif,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua KSPSI Provinsi Banten, Dedi Sudarajat mengatakan, pada perayaan May Day tahun ini ada momentum besar yang berbarengan yakni May Day dan hari raya Idul Fitri, jadi pihaknya memperingati hari buruh dengan halalbihalal.

“Ya hari ini ada dua acara yang memang momentumnya berbarengan. Pertama peringatan May Day sekaligus halalbihalal karena 1 Mei Hari Buruh Internasional dan 2 Meinya Idul Fitri,” kata Dedi.

Menruut Dedi alasan diperingatinya May Day karena sampai dengan tahun 2022 ini para pekerja menikmati hasil perjuangan dari serikat buruh di Amerika Serikat pada 1886.

Pada saat itu, sambung Dedi di Amerika Serikat terjadi gelombang protes luar biasa terutama masalah pengurangan jam kerja. Ketika itu jam kerja 16 jam. “Demo saat itu meminta pengurangan menjadi 8 jam. Jadi, sampai hari ini kita menikmati hasilnya,” ucapnya.

Meski menikmati hasil pengurangan jam kerja menjadi 8 jam, kata Dedi, kondisi ketenagakerjaan saat ini di Indonesia masih sangat memperihatinkan setelah terbitnya UU Omnibus Law klaster ketenagakerjaan.

“Karena kita tahu di dalamnya itu mendegradasi kesejahteraan buruh terutama pengupahan. Dua tahun terakhir terkait pengupahan kita merasakan imbasnya,” tuturnya.

Dedi menambahkan, pihaknya hari ini tidak mengikuti aksi demo dalam peringatan May Day 2022 di Jakarta. Namun akan digelar pada waktu yang akan datang.

“Untuk turun ke jalan sedang disiapkan DPP. Yang pasti kita tunggu instruksi DPP. Hari ini kita enggak ikut karena hari ini tidak ambil bagian ke sana. Karena kami akan turun ke jalan sendiri,” jelasnya.

Dedi berharap, perjuangan serikat buruh bisa meningkatkan dan menjamin kesejahteraan para pekerja.

Perayaan May Day dengan dibalut halalbihalal yang dilakukan para buruh ini juga diapresiasi Kapolsek Tangerang Kompol Suroto. Menurut Kapolsek, pihaknya mengapresiasi acara May Day 2022 yang dikemas dengan halalbihalal.

“Jadi mereka tidak ikut berangkat May Day di Jakarta, jadi bagus mengadakan kegiatan yang sifatnya silaturahmi diisi dengan acara halal bihalal. Supaya ke depannya tidak perlu harus pergi ke mana-mana,” tandasnya.(ADV)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *