SMPN 6 Kota Tangerang Raih Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional

KOTA TANGERANG (TangerangSiber.id) – SMP Negeri 6 Kota Tangerang mencetak prestasi gemilang dengan meraih penghargaan Adiwiyata tingkat nasional untuk pertama kalinya. Penghargaan ini menjadi bukti nyata keberhasilan sekolah dalam membudayakan kepedulian warga sekolah terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Kepala Sekolah SMPN 6, Muji Waluyo mengatakan, bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari upaya seluruh elemen sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang bersih dan sehat.

Bacaan Lainnya

Menurut Muji salah satu program unggulan adalah pengelolaan sampah yang ketat. Sekolah menerapkan aturan tegas bagi seluruh warga sekolah untuk tidak membuang sampah sembarangan dan aktif memilah sampah, termasuk limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun), yang pengelolaannya dilakukan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang.

“Kami membudayakan kebersihan dan pengelolaan sampah yang benar di kalangan siswa, mulai dari memilah sampah organik, non-organik, hingga limbah B3. Sampah daun yang banyak terdapat di lingkungan sekolah juga kami manfaatkan dengan mengolahnya menjadi kompos,” ujar Muji Waluyo.

Selain itu sambung Muji, SMPN 6 juga membangun kantin sehat yang telah lulus uji dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang. Kantin ini tidak hanya menyajikan makanan yang sehat bagi siswa, tetapi juga mendukung program kebersihan dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

“Biaya untuk mendukung program-program tersebut sebagian besar bersumber dari dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah), serta partisipasi aktif dari orang tua siswa dan alumni. Dengan kerja sama ini, sekolah berhasil menciptakan lingkungan yang nyaman dan sehat bagi seluruh warga sekolah,” kata Muji.

Sementar itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin, mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi terhadap SMPN 6 yang telah berhasil meraih prestasi ini.

“Penghargaan Adiwiyata ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk terus menjaga kebersihan dan lingkungan, serta menjadi agen perubahan lingkungan di sekolah maupun di luar sekolah. Prestasi ini sangat mendukung Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), karena lingkungan yang bersih akan menciptakan suasana belajar yang nyaman,” kata Jamaluddin.

Jamaluddi berharap, dengan pencapaian ini SMPN 6 dapat terus konsisten dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mempertahankan status Adiwiyata di tahun-tahun mendatang.

“Kami ingin siswa tidak hanya belajar untuk meraih prestasi akademik, tetapi juga memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan. Semoga budaya ini terus terjaga dan bisa menginspirasi sekolah lain,” tukasnya.

“Dengan penghargaan ini, SMPN 6 Kota Tangerang menunjukkan bahwa sinergi antara sekolah, siswa, orang tua, dan masyarakat dapat menciptakan lingkungan belajar yang sehat dan mendukung keberhasilan pendidikan,” imbuhnya.(man/joe)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *