Siswa SD Daarul Huda Tangerang Diajarkan Membaca Kitab Gundul

  • Whatsapp

KOTA TANGERANG, (VIVABANTEN.COM) – Sekolah Dasar (SD) Islam Daarul Huda Kota Tangerang terus melakukan inovasi program unggulan dalam meningkatkan kualitas lulusannya.

Pasalnya, sekolah yang berlokasi di JL Gatot Subroto Kelurahan Kroncong, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, ini menerapkan kurikulum berbasis pesantren selain kurikulum nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bacaan Lainnya

Pembina SD Islam Daarul Huda, H. Syukron mengatakan, bahwa untuk menghasilkan lulusan berkualitas perlu adanya penekanan pada aspek spiritual, akademik, dan non-akademik.

Menurut Syukron, pengetahuan umum dan akhlak harus berjalan seimbang. Kurikulum yang diaplikasikan di SD Daarul Huda ini adalah kurikulum berbasis pesantren. Ada beberapa tambahan mata pelajaran agama sebagai pelengkap mata pelajaran umum lainnya.

“Kami berharap dasar ilmu agama ini bisa menjadi tumpuan yang baik bagi anak-anak ketika melanjutkan ke jenjang berikutnya. Khususnya melanjutkan ke pondok pesantren. Jadi, nanti siswa tidak kaget lagi dengan kurikulum yang ada di pesantren,” ujar Syukron kepada wartawan, Senin (10/10/2022).

Syukron menjelaskan, kurikulum berbasis pesantren tersebut yakni siswa diajarkan membaca kitab-kitab kepesantrenan seperti kitab Al-Ajurumiyah, kitab Safinatunnajah dan kitab-kitab gundul lainnya, serta diajarkan untuk berbahasa Arab.

“Program unggulan berbasis pesantren ini lah yang membuat menarik para orang tua siswa untuk menyekolahkan putra putri nya ke SD Daarul Huda,” ucapnya.

Masih menurut Syukron, dalam proses pembelajaran siswa pertama masuk diwajibkan untuk membaca al quran, kemudian sholat duha berjamaah dilanjutkan sholat zuhur berjamaah dilanjutkan untuk wiridan.

“Kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan untuk menanamkan jiwa islami kepada para siswa dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di dalam lingkungan dan keluarganya,” tuturnya.

Syukron menambahkan, untuk kelas 1 sampai kelas 3 pembelajaran dari pukul 07.00-13.30 Wib. Kemudian untuk kelas 4 dampai 6 pembelajaran dari 07.00 sampai 15.30 Wib.

“Jadi pembelajaran sekolah kami full day. Kami berharap siswa kami bukan hanya unggul di bidang akademik tapi juga unggul dalam ilmu agama dan bisa membaca kitab-kitab gundul yang menjadi standar para pondok pesantren pada umumnya,” ucapnya.

Program Unggulan

SDI Daarul Huda memiliki program unggulan yakni, Tahsin dan Tahfidz, Character Islamic Building, kurikulum khas SDI Daarul Huda (baca tulis Alquran, bahasa Arab dan Fiqih), projeck based Learning dan ekstrakurikuler adaptif dan kolaboratif.

SDI Daarul Huda juga memiliki misi, menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan Islami secara utuh dan terpadu, menyelenggarakan dan mengembangkan pembelajaran yang inovatif, kreatif, bermutu sesuai dengan bidang, minat dan bakat siswa.

Sementara SDI Daarul Huda juga memiliki visi, terwujudnya sekolah yang smart (sistatis, modern, aktif, religius dan terdepan) dalam menjawab tantangan global.

Tentu juga SDI Daarul Huda memiliki tujuan membentuk siswa berbjudi pekerti luhur dan bermoral keislaman (akhlakul karimah), menyiapkan siswa yang memiliki kemampuan dibidang Iptek, sains, olahraga dan seni budaya.

Prestasi-prestasi yang pernah diraih siswa-siswi SDI Daarul Huda yakni, juara 1 MHQ tingkat Provini Banten, juara 1 MHQ vertual Juz 30, juara 1 penggalang putri jawara, juara 2 OSN bidang MTK tingkat Provinsi Banten, juara 1 OSN bidang MTK tingkat Kota Tangerang, juara 1 MHQ putri FLS2N tingkat Kecamatan Jatiuwung, juara 1 pencak silat putri.(man/joe)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.