SMP Negeri 2 Kota Tangerang Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

SMP Negeri 2 Kota Tangerang Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

KOTA TANGERANG (Vivabanten.com) – SMP Negeri 2 Kota Tangerang berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Nasional, sebuah prestasi bergengsi dalam bidang lingkungan hidup di tingkat sekolah.

Kepala SMP Negeri 2 Kota Tangerang, Muhammad, mengatakan, bahwa perjalanan menuju penghargaan ini dimulai dari tingkat Kota Tangerang, kemudian berlanjut ke tingkat Provinsi Banten, hingga akhirnya diakui di tingkat Nasional.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan penilaian oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, DLH Provinsi Banten, dan Kementerian Lingkungan Hidup.

“Untuk kriteria penilaian mencakup berbagai aspek, mulai dari pembiasaan makan sehat bagi siswa, kegiatan kerja bakti rutin, penataan taman sekolah, hingga edukasi kantin sekolah agar menyediakan makanan yang sehat. Semua ini dilakukan untuk mengubah mindset siswa agar lebih peduli dan aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah,” ujar Muhammad kepada wartawan, Rabu (09/10/2024).

Menurut Muhammad bahwa penataan lingkungan di sekolah terus dilakukan secara berkelanjutan agar SMPN 2 Kota Tangerang mampu mempertahankan penghargaan Adiwiyata Nasional yang telah diraih. Saat ini, sekolah juga sedang mempersiapkan diri untuk peningkatan penilaian menuju Adiwiyata Mandiri.

“Sebagai bagian dari langkah menuju Adiwiyata Mandiri, kami akan membina sepuluh sekolah lain agar mereka juga dapat melakukan pembinaan dan penataan lingkungan yang baik,” kata Muhammad.

Muhammad berharap, pencapaian ini m dapat menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah lain untuk turut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan demi masa depan yang lebih baik.

“Mudah-mudahan kami bisa mempertahankan predikat Sekolah Adiwiyata Nasional ini dan bisa meningkatkan ke Adiwiyata Mandiri,” tukasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala SMPN 2 Kota Tangerang Bidang Humas, Ary, menambahkan bahwa selain menjaga prestasi yang telah diraih, sekolah juga sedang mempersiapkan langkah lebih lanjut untuk mencapai penghargaan Adiwiyata Mandiri.

“Kami berkomitmen untuk terus melakukan penataan lingkungan secara konsisten. Selain itu, kami juga akan membina sepuluh sekolah lain agar mereka dapat mengikuti jejak kami dalam menjaga lingkungan,” ujar Ary.

Ari berharap penghargaan ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain di Kota Tangerang dan sekitarnya, untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan kesehatan siswa, serta membangun budaya bersih dan sehat di sekolah masing-masing.(man/joe)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *